KM/IST. SIBUK: Suasana walimurid yang sedang mencari nama putra-putrinya yang mendaftar di sebuah SMA negeri di Bangkalan.  

Sekolah Negeri Diingatkan agar Tidak Pungut Biaya

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)–Musim pendaftaran untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah tiba. Lembaga pendidikan dikelola negara mulai tingkat SMP, SMA dan SMK negeri mulai menerima pembukaan siswa baru tahun ajaran 2015/2016. Pendafataran pun dimulai sejak 1 Juli hingga 4 Juli 2015. Dinas Pendidikan (Disdik) setempat pun kembali mengingatkan sekolah negeri agar tidak melakukan pungutan biaya apapun.

Kepala Seksi Kurikulum SMP, SMA dan SMK Disdik Bangkalan Risman Hariyanto menegaskan, untuk PPDB tingkat SMP SMA dan SMK di Bangkalan tidak boleh ada pungutan dalam bentuk apapun. ”Kecuali sekolah swasta masih diizinkan sesuai kebutuhan,” terang Risman Hariyanto, kemarin.

Ditegaskan Risman, sekolah dilarang menjual buku atau memungut biaya pembelian buku-buku wajib yang akan dipakai di kelas. “Karena buku mata pelajaran (mapel) sudah ditentukan oleh pusat dan dikirim langsung secara gratis,” tegas Risman.

Disdik Bangkalan sendiri rencananya, menggelar PPDB dilakukan tanggal 6-7Juli 2015. Lalu tanggal 8 Juli 2015 tahap pengolahan data dan tanggal 9 Juli 2015 dilakukan pengumuman penerimaan PPDB. “Dilanjutkan tanggal 10 Juli 2015 daftar ulang serta tanggal 27-29 Juli masa orientasi siswa (MOS),” papar Risman. (mad/zis)

 

Related Search