Selama 2014, 138 Balita Terdeteksi Gizi Buruk

1079 views

KOTA-Angka kasus balita yang terdeteksi menderita gizi buruk di Bangkalan diketahui mencapai 128 anak.Jumlah itu selama tahun 2014.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Nur Aida Rachmawati mengatakan tingginya angka balita gizi buruk ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya karena kurang sadar orang tua terhadap tumbuh kembang balita. Sehingga berat badan balita di bawah angka normal.

“Jumlah kasus gizi buruk selama tahun 2014 ada 138 balita di sini,” ungkap Kadinkes Bangkalan Nur Aida Rachmawati, Selasa (17/3).

Dijelaskan Aida, pihaknya sudah memberikan intervensi pemberian makanan tambahan (PMT) pemulihan terhadap balita yang menderita gizi buruk. Adapun balita yang sudah diberikan PMT sudah 100%.

“Kemudian 60,8% atau 84 balita sudah sembuh. Dimana berat badannya sudah naik sehingga masuk kriteria balita normal,” kata mantan Kepala Puskesmas Klampis itu.

Sedangkan sebanyak 35,5% atau 49 balita naik, tetapi belum normal. Serta berjumlah 3,6% atau 5 balita drop out (DO). Artinya , 5 balita tersebut berhenti melakukan pengobatan.

“Kami terus melakukan sosialiasi pada para orang tua supaya selalu memperhatikan kesehatan anaknya, terutama berat badan si anak. Sehingga kasus gizi buruk pada tahun ini bisa turun,” tukasnya. (trb/zis)

Related Search