ILUSTRASI

Server e-KTP Rusak

499 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN) – Rusaknya server e-KTP dari pusat mengakibatkan semua proses cetak e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan, harus ditangguhkan sementara waktu. Hal itu dikeluhkan oleh salah seorang warga Desa Sabiyan, Kecamatan Kota Bangkalan, Suharyono.
Suharyono mengatakan, dirinya saat ini tidak memiliki e-KTP lantaran hilang. Sementara untuk melakukan cetak ulang tidak bisa dengan alasan server rusak dari pusat.
“Saya sudah laporan kehilangan ke kantor polisi, setelah mau proses cetak ulang e-KTP itu petugasnya bilang rusak, jadi saya saat ini tidak mempunyai KTP,” kata Yono sapaan akrabnya, Rabu (9/9).
Dijelaskan Yono, semestinya kejadian tersebut tidak harus terjadi secara nasional karena KTP sangat penting, kalau memang rusaknya dari server pusat, maka pusat harus mempunyai cadangan sehingga masyarakat tidak menjadi korban.
“Kalau penduduk mau pergi merantau, sementara e-KTP belum bisa dicetak itu kan harus nunggu berangkatnya, saya saja untuk melakukan jual beli tanah harus menunggu e-KTP di cetak,” ungkapnya.
Sementara itu, Kabid Administrasi Kependudukan Dispenduk Capil (Dispendukcapil) Bangkalan, Djayus Sayuti membenarkan rusaknya server e-KTP tersebut dari pusat, sehingga pihaknya tidak bisa melakukan proses cetak e-KTP milik penduduk Bangkalan.
“Rusaknya server dari pusat mulai tanggal 24 Agustus lalu dan selama rusak kami tidak menerima pendaftaran dari kecamatan dan untuk proses cetak e-KTP masih menunggu proses normal kembali dari pusat karena ditakutkan numpuk, kalau proses perekaman di Kecamatan tetap lanjut,” tukasnya. (trb/h4d)

Related Search