SEWA MURAH: MU-P atau Laskar Sape Kerrab ketika berlatih di Stadion A Yani yang akan menjadi homebase dalam laga kandang di pentas Divisi Utama. (KM/Ainul Anwar)

Stadion Atau Lapangan Futsal?

2387 views

SUMENEP- Stadion A. Yani Sumenep dipastikan akan digunakan sebagai homebase Persepam. Hal itu diketahui setelah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Sumenep menyampaikan bahwa pihaknya memberikan izin penggunaan Stadion A. Yani Sumenep untuk laga kandang Persepam.

Selain Persepam, Stadion milik Pemkab Sumenep tersebut juga akan digunakan oleh Madura United Perssu (MU-P). Izin untuk penggunaan Stadion A. Yani oleh MU-P sebagaimana disampaikan Darmaji, Ketua Panpel MUP juga sudah didapatkan.

Menurut Darma, panggilan akrabnya, Pemkab Sumenep melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) sudah memberikan izin terhadap Persepam untuk numpang stadion di Sumenep.

“Kemarin memang ada pertemuan antara pihak Panpel dan manajemen Persepam di kantor Disbudparpora. Hasilnya, Disbudparpora telah mendisposisi surat izin penggunaan stadion oleh Persepam,” ujar Darma, Senin (13/4).

Bahkan menurut Darma, berkas disposisi izin bagi Persepam sudah dikeluarkan sejak Februari lalu semasa Kadisbudparpora masih dijabat Febriyanto.

Disbudpora Sumenep sendiri, saat ini sedang dijabat oleh Plt, Yayak Nurwahyudi. Terhadap keluarnya surat disposisi tersebut, Darma membela Yayak Nur Wahyudi yang tidak bisa berbuat apa-apa atas surat disposisi.

Darma sendiri mengaku tidak mempermasalahkan Persepam menggunakan stadion A. Yani Sumenep. “Kami sebagai Panpel tidak mempermasalahkan Persepam main di stadion A Yani, yang penting bertanggung jawab jika ada masalah atau kerusakan stadion,” tambah Darma.

Izin penggunaan stadion A. Yani bagi Persepam adalah ijin untuk semua untuk semua pertandingan Kandang Persepam. Dalam izin tersebut, setiap Persepam gunakan Stadion A. Yani dikenakan sewa sebesar Rp. 250.000. Tak hanya itu, dalam izin tersebut juga disebutkan bahwa Panpel juga sebagian besar dari Persepam.

Kompetisi Divisi Utama musim ini, utamanya grup IV yang dihuni Persepam terdapat sebanyak 10 tim. Satu dari 10 tim di grup IV sudah memastikan mengundurkan diri, yakni, Persik Kediri.

Itu berarti, selama satu musim akan terdapat sebanyak delapan pertandingan kandang yang akan dijalani Persepam di Stadion A. Yani Sumenep. Terhadap keluarnya izin penggunaan Stadion A. Yani bagi Persepam, Pemkab Sumenep akan mendapatkan pemasukan sebesar Rp2 juta selama satu musim.

Besarnya sewa tersebut tentunya berbeda jauh dengan Stadion Gelora Bangkalan yang sampai puluhan juta dalam satu pertandingan.

Lebih mengasyikkan lagi, tentunya sewa Stadion A. Yani Sumenep tergolong lebih murah daripada sewa lapangan Kowel Pamekasan yang selama ini digunakan sebagai tempat latihan Persepam dan juga sewa lapangan futsal. (aan/bri)

Related Search