SEGERA OPERASIKAN: Keberadaan stadion dipastikan mampu meningkatkan sektor perekonomian masyarakat dan PAD Kabupaten Pamekasan.KM/TOTOK ISWANTO

Stadion Miliki Dua Dampak Positif

97 views

KORANKABAR.COM(PAMEKASAN)-Dampak positif, keberadaan stadion Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan ternyata tak hanya dirasakan legislatif. Akan tetapi, eksekutif juga optimistis, jika lapangan sepak bola tersebut dioperasikan maka akan mampu menelurkan dua dampak positif di bidang peningkatan ekonomi. Baik bagi pemerintah daerah (Pemda) maupun masyarakat setempat secara umum.

Dua dampak positif di bidang perekonomian itu berupa peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah setempat. Baik dari sektor parkir maupun penyewaan lapangan. Sedangkan secara umum, mampu memperluas jaringan usaha masyarakat dengan mengandalkan beberapa los yang sudah dipersiapkan di stadion tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) pemkab setempat, Taufiqurrahman mengatakan dalam waktu dekat ini stadion sepak bola di area sport center tersebut, akan dioperasikan. Menurutnya, keberadaan stadion akan mampu menumbuhkan perekonomian dan PAD wilayah setempat. Bahkan, bisa dipatikan beroperasinya stadion akan dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

”Dampak secara langsung berupa peningkatan PAD yang diperoleh dari uang sewa klub sepak bola  penyewaan stadion tersebut, maupun perolehan jasa parkir yang dikelola Pemkab. Kemudian, dampak tidak langsung, akan muncul dari ekonomi kerakyatan yang berada di sekitar stadion tersebut,” ujarnya, Senin (14/11).

Taufik sapaan akrabnya menjelaskan, ekonomi kerakyatan yang dimaksud seperti, berkembang pesatnya pedagang kaki lima (PKL). Baik dibidang pertokoan, warung, yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Sebab, selain dibangun stadion, dan beberapa sarana lainnya seperti area atletik serta sirkuit motor cros, stadion yang masih belum memiliki julukan ini juga dilengkapi dengan beberapa los bagi PKL.

”Contoh kecilnya saja atau yang paling nyata, akan banyak masyarakat yang berjualan di sekitar area stadion yang memang sudah dipersiapkan tempatnya. Seperti penjual makanan dan minuman. Ini kan jelas menjadi kebutuhan penonton saat menyaksikan pertandingan,” jelasnya.

Selain sektor perekonomian di bidang perdagangan, peningkatan ekonomi masyarakat juga akan dirasakan pada bidang usaha penginapan dan restoran. Namun untuk bidang usaha ini kemungkinan tidak banyak diminati masyarakat. Sebab membutuhkan pendanaan yang cukup besar dalam pembangunannya. Termasuk pembayaran pajak pemerintah sebesar 10 persen dari penghasil.

Pihaknya, mengakui jika selama ini perputaran ekonomi masyarakat tidak normal. Sebab banyak uang yang diperoleh di daerah, namun di belanjakan ke luar daerah. Sepertihalnya, setiap pertandingan, warga setempat berbondong-bondong mengeluarkan biaya untuk menonton pertandingan sepak bola. Atas dasar itulah, dengan adanya stadion tersebut perputaran uang dalam kegiatan olahraga bisa menguntungkan bagi masyarakat dan pemerintah sendiri.

”Selama ini setiap pertandingan sepak bola, harus ke Bangkalan. Sehingga, suporter berbelanja di Bangkalan. Tapi, kalau stadion itu dioperasikan, maka nanti warga dari berbagai daerah akan belanja di Pamekasan. Dampaknya akan mendongrak PAD setempat. Intinya perekonomian masyarakat akan tumbuh dengan adanya stadion ini,” tegasnya. (ito/h4d)

Related Search