MENGENANG PAHLAWAN: Civitas kampus Tanean Lanjhang saat menggelar upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan, Kamis (10/11) kemarin.KM/Fathor Rahman

STKIP PGRI Gelar Upacara dan Seminar

86 views

KORANKABAR.COM (SUEMENEP)–Untuk mengenang jasa pahlawan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Kabupaten Sumenep menggelar upacara, Kamis (10/11) kemarin.

Ketua STKIP PGRI Sumenep Asmuni menjadi pembina dalam upacara hari pahlawan bertempat di halaman Kampus ‘Tanean Lanjhang’ itu melibatkan semua civitas kampus dan semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Sementara yang menjadi pembina upacara adalah ketua STKIP PGRI Sumenep, Asmuni.

Setelah pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan seminar dengan mengangkat tema ‘Mari Bangkit, Satukan Tekad Mencapai Insan Berjiwa Patriotisme’. Seminar tersebut juga masuk dalam rangkaian memperingati hari pahlawan.

Sedangkan pemateri yang berlangung di Garaha Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep itu adalah ketua STKIP PGRI Sumenep, Asmuni, Ahmad Mahsun dan M Ridwan. Hadir pula pada seminar tersebut Persatuan Pengurus Lembaga Pendidikan (PPLP) STKIP PGRI Sumenep, Abu Imam sekaligus membuka seminar.

Ahmad Mahsun dihadapan ratusan mahasiswa menyampaikan, bahwa saat ini jihad bukanlah di medan peperangan bertempur melawan penjajah secara fisik seperti yang terjadi pada 10 November 1945. Akan tetapi jihad yang sebenarnya saat ini meliputi tiga hal, diantaranya jihad menjaga moral, jihad mengembangkan ilmu pengetahuan dan jihad ekonomi.

“Sebab sudah bisa dilihat, saat ini kita sedang mengalami krisis moral, krisis kompetensi dalam keilmuan dab krisis dalam hal ekonomi lantaran pengusaha terus kalah bersaing dengan pengusaha dari luar,” sambungnya.

Moral generasi bangsa saat ini sudah mulai terjajah, begitu juga dengan keilmuan dan ekonomi yang kalah bersaing. Sehingga peperangan yang saat ini sebenarnya adalah berperang melawan tiga hal itu, dan itu jelas lebih sulit.(ong/rei)

Related Search