BERMASALAH: Salah satu pabrik di Kecamatan Beji ini dibangun tanpa memperhatikan amdal lalin. (KP/Henry Sulfianto)

Tak Dilengkapi Amdal Lalin

1153 views

PASURUAN-Iklim investasi di Kabupaen Pasuruan, tak dibarengi dengan adanya pengurusan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan  Lalu Lintas (Amdal Lalin). Padahal, aturan itu tertuang dalam Perda  nomor 18 tahun 2012 tentang Amdal Lalin dan peraturan Bupati Pasuruan nomor 6 tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Amdal lalin.

Salah satu contoh nyata bangunan yang sedang berjalan dan diduga kuat tidak memiliki amdal lalin yakni berada di Kecamatan Beji dan Kecamatan Gempol. Di Kecamatan Beji tepatnya berada di jalan raya Surabaya – Banyuwangi  KM 36 masuk wilayah Desa Cangkringmalang atau sebelah barat SPBU Cangkringmalang,

Dari kedua bangunan yang sedang dikerjakan tersebut, kesemuanya mepet dengan jalan raya atau nol kilometer dari jalan raya. Hal ini sangat membahayakan bagi para pengguna kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut.

KBO Lantas Polres Pasuruan, Iptu.Sukiyanto, menegaskan selama ini Sat Lantas Polres Pasuruan tidak pernah sekalipun diajak untuk berunding atau koordinasi oleh instansi terkait. Padahal dalam tim amdal lalin beranggotakan Dishub,Polri (khususnya Sat Lantas),Bapeda,BLH,Cipta Karya dan Bina Marga). Dinas Perijinan Kabupaten Pasuruan.  “Seharusnya tidak serta merta memberi izin lokasi dan IMB, pada bangunan tersebut,” tegasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Pasuruan Soenarto melalui telepon selular terdengar nada panggil namun tidak diterima. Kendati dikonfirmasi via SMS juga tak dibalas.  (nto/tiq)

Related Search