KM/IST. RANKINGISASI: Kepala SMAN 3 Abd Syakur meninjau pelaksanaan PPDB

Tanpa Ujian, Pendaftar Belum Tentu Diterima

381 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)–Para siswa SMA yang mengikuti Pendaftaran Peserta Didik baru (PPDB) tetap akan bersaing dengan pendaftar lainnya. Kompetisi untuk bisa diterima ditentukan melalui mekanisme rankingisasi nilai yang tertera dalam Surat Keterangan Hasil Ujian Nasonal (SKHUN).

Sebagian SMA Negeri di Bangkalan mulai diserbu pendaftar, kemarin. Salah satuya sebut saja SMA Negeri 3 Bangkalan, pad hari kedua jumlah pendaftar sudah mencapai lebih dari seratus bakal calon siswa.

“Kita menggunakan sistem ranking, dan setiap hari akan diumumkan calon siswa yang diterima dan yang tidak,” kata Kepala SMAN 3 Bangkalan, Abdus Syakur, Rabu (1/7)
Dijelaskan dia, pada hari pertama nilai tertinggi SKHUN siswa yang mendaftar sebesar 38,85 dan nilai SKHUN paling rendah calon siswa yang mendaftar 17,3.

“Makanya siswa yang akan diterima di SMAN-3 ini ditentukan berdasarkan ringkin nilai SKHUN dan pengumuman terakhir nanti tanggal 8 juli,” jelas Abdus Syakur yang juga Mantan Kepala SMAN-1 Kwanyar ini.

Lebih lanjut Abdus Syakur menjelaskan, pada PPDB tahun pelajaran 2015/2016 ini, SMAN 3 akan menerima 288 siswa yang akan dibagi dalam 9 rombongan belajar (rombel), dimana tiap-tiap rombelnya berisi 32 siswa.

“Dari 9 rombel itu, 1 rombel sudah terisi siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi sebanyak 37 siswa, jadi masih tersisa kuota 251 yang masih akan diperebutkan oleh calon siswa yang pendaftarannya melalui jalur reguler,” kata Abdus Syakur.
Ditambahkan Abd Syakur, pada pelaksanaan PPDB ini, pihaknya sama sekali tidak memungut biaya kepada calon pendaftar. “PPDB ini semuanya gratis, karena semua biaya PPDB ini telah dibiayai dari BOS-Nas,” pungkasnya. (zis/med)

Related Search