MENGADA-ADA: Proyek pembangunan tempat parkir baru di lingkunga gedung DPRD Sampang ini, mengundang sorotan kalangan mahasiswa. Karena sudah terdapat banyak tempat pparkir di sana.(KM/MOH.KHOIRUL UMAM)

Tempat Parkir Kendaraan Dewan Boroskan APBD

1143 views

KOTA-Pembangunan proyek tempat parkir untuk kendaraan anggota DPRD Sampang megundang kritikan kalangan mahasiswa. Mereka menilai, proyek itu adalah pemborosan keuangan daerah, karena tempat parkir di gedung dewan jumlahnya sudah ada puluhan.

Aktivis mahasiswa, Arif Santoso bahkan menuding, proyek tempat parkir kendaraan anggota dewan itu, merupakan cara bagian kesektariatan dewan untuk menguras APBD Sampang.

”Bukannya di kantor DPRD Sampang sudah banyak tempat parkir, kenapa masih ada penambahan pembangunan tempat parkir baru,” sorot Arif.

Arif berujar lebih lanjut, penambahan pembangunan tempat parkir akan memicu sorotan miring, karena tempat parkir yang ada di kantor dewan jumlahnya sudah banyak.

”Jadi jangan salah ketika  kegiatan atau fasilitas yang melekat ke dewan cenderung ditafsirkan miring oleh masyarakat. Buktinya saja, sudah puluhan tempat parkir masih saja dibangun lagi,” ucapnya.

Menurut Arif, tempat parkir yang ada di dewan tidak sepenuhnya digunakan, sehingga pembangunan tempat parkir baru cenderung pemborosan.

”Bisa dilihat sendiri banyak tempat parkir kosong, kenapa masih membangun lagi,” tambahnya.

Seharusnya, menurut Arif, pembangunan yang perlu diprioritaskan adalah tempat khusus untuk ruang tunggu tamu, karena selama ini banyak tamu yang harus rela menunggu di luar gedung ketika ke kantor dewan bertujuan menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat. Atau membangun fasilitas lain yang lebih bermanfaat bagi rakyat.

”Daripada hanya membangun tempat parkir, kenapa tidak memprioritaskan pembangunan tempat khusus ruang baca, yang di dalamnya disediakan buku-buku tentang kegiatan kedewanan, buku tentang perda atau kegiatan lainnya. Jadi  masyarakat tidak kesulitan informasi ketika berkunjung ke kantor dewan,” tutur mahasiswa yang getol menyoroti pembangunan Sampang itu.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Sampang, Sudarmanto menanggapi tudingan miring tersebut, dengan berujar, tempat parkir yang sudah ada, belum sepenuhnya dapat menampung kendaraan anggota dewan, khususnya kendaraan roda empat.

”Bukan pemborosan, kami sudah pertimbangkan secara matang, karena sering kali kendaraan roda empat diparkir di halaman. Maka dari itu, agar kendaraan tidak kocar-kacir kami tambah lokal tempat parkir,” jelasnya.

Ketika ditanya berapa anggarannya, serta berapa lokal yang dibangun? Sudarmanto mengatakan, pembanguan tempat parkir itu untuk empat lokal dengan anggaran sekitar Rp80juta. (mam/yoe)

Related Search