KM/IST. AKSELERASI: Para calon siswa MAN Bangkalan yang mendaftar tahun ajaran ini kemungkinan besar bisa selesai setahun lebih cepat. Ini karena sekolah tersebut menerapkan SKS dalam sistem penilaian belajar siswanya. 

Terapkan SKS, Satu-Satunya di Madura

459 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dalam sistem penilaian kegiatan belajar mengajar. Ini menjadikannya sebagai sekolah satu-satunya setingkat SMA/SMK di Madura yang menggunakan pola yang biasa digunakan di tingkat perguruan tinggi.

Kepala MAN Bangkalan Fathurrahman mengatakan penggunaan SKS efektif dimulai pada tahun ajaran 2015-2016 sesuai Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendais tentang Penyelenggara SKS di Maddrasah Aliyah.

“Kami baru terima SK itu kemarin. Di Madura baru MAN Bangkalan yang melaksanakan SKS,” ungkap Fathurrahman di sela kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kamis (25/6).

Dijelaskan, dengan sistem SKS ini, calon siswa MAN yang mendaftar dalam PPDB tahun 2015-2016 ini sangat dimungkinkan bisa lulus dalam jangka waktu 2 tahun. “Sistem pelajarannya seperti mahasiswa yang kuliah dan sama seperti sekolah akselerasi, artinya siswa sangat dimungkinkan lulus dalam jangka waktu 2 tahun,” jelas Fathurrohman.

Pada PPDB tahun ini, MAN Bangkalan membuka sebanyak 11 rombongan belajar (rombel). Di mana setiap kelasnya akan diisi 32 siswa. “Untuk jalur PMDK sudah tercatat sebanyak 186 siswa. Sedangkan untuk jalur reguler sudah 70 siswa yang mendaftar di hari pertama (Rabu),” paparnya.

Fathurrahman menambahkan, penjaringan siswa baru tetap dilakukan dengan sistem tes tulis. Hal itu sudah menjadi standardisasi yang berlaku sejak berdirinya MAN Bangkalan.

“Dari 11 rombel itu, kami juga membuka dua kelas unggulan IPA, satu kelas unggulan IPS, satu kelas unggulan agama, dan satu kelas unggulan bahasa,” pungkasnya.(tub/med/zis)

Related Search