BELA DIRI: Laga ekshibisi tarung derajat yang digelar di Porprov Jatim V/2015. (KM/Ist)

Tiga Cabor Baru Dua Tahun Mendatang

720 views

KORANKABAR (SUMENEP)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumenep, berencana akan menambah tiga Cabang Olahraga yang akan diikutsertakan pada Porprov VI yang untuk sementara nominasi calon Tuan Rumahnya, Lamongan-Gresik.

Jika rencana tersebut betul-betul direalisasikan, maka Sumenep dua tahun mendatang dimungkinkan akan mengikuti sebanyak 19 Cabor dari sebelumnya, tahun ini hanya 16 cabor dari 35 cabor.

Ketua KONI Sumenep, H Sofyan Hadi memaparkan, tiga cabor baru yang sudah mulai diminati oleh sejumlah atlet di Sumenep adalah Anggar, Tarung Derajat dan Taekwondo. Ketiga Cabor tersebut, menurut Sofyan diproyeksikan untuk diikuti Sumenep.

Sejaitnya, Sumenep masih belum memiliki sarana latihan khusus Anggar. Namun, Sofyan mengaku optimis jika tidak akan mengalami kesulitan mencari tempat latihan. Sebab sarana latihan anggaran sama dengan pencak silat.

“Kami punya venue mini untuk Anggar. Cukup untuk sekedar latihan. Kalau atletnya sudah ada, mahasiswa yang kuliah di luar Madura,” ujar H Sofyan.

Sementara untuk kategori Tarung Derajat, Sofyan mengaku, atletnya bisa mengambil dari anggota TNI dan
Polisi di Kabupaten Sumenep. Karena olahraga beladiri tersebut, cukup populer di lingkungan TNI dan Polri.

“Taekwondo untuk Porprov mendatang juga akan ikut. Kami berusaha menambah cabor setiap Porprov. Karena Kabupaten peraih medali terbanyak Porprov, itu karena mereka ikut di semua cabor. Sehingga kesempatan meraih medali lebih besar,” pungkas Sofyan.

Khusus Taekwondo, dari empat Kabupaten di Madura, Pamekasan sudah sangat akrab dengan olahraga tersebut. Bahkan, Cabor tersebut menjadi salah satu penyumbang emas bagi Pamekasan sejak Porprov IV di Madiun. (aan/bri)

Related Search