Kantor TIC Bangkalan (KM/DOK)

Tourist Information Center Tidak Efektif

311 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan memiliki langkah positif terkait program pembangunan pariwisata. Hal ini terlihat dari keberadaan gedung Tourist Information Center (TIC).

Tujuan dari adanya gedung tersebut adalah sebagai pusat informasi bagi para wisatawan. Dengan demikian, para penikmat wisata akan memperoleh berbagai potensi pariwisata di Bangkalan.

Hanya saja fungsi gedung TIC dipandang tidak begitu efektif. Sebab, bangunan ini kerap dijumpai kosong atau bahkan tutup. Hampir bisa dikatakan, jarang sekali terdapat aktivitas.

Nur Hakim, aktivis Gelora Mahasiswa Penyelamat Rakyat (GEMPAR) menilai kantor TIC yang berada di bawah pengawasan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Bangkalan ini sebenarnya positif.

“Adanya gedung itu, berarti pemkab mencoba memberikan ruang pada pemuda-pemudi Bangkalan agar berkreasi di dunia pariwisata. Selain itu, memberikan pusat informasi bagi kalangan turis yang sedang berkunjung, dan saya sangat mengapresiasi,” tutur Nur Hakim, Selasa (8/9).

Namun menurutnya, fungsi kantor TIC sebenarnya tidak cukup itu saja. Karena seharusnya pihak Disporabudpar juga bisa memberikan sosialisasi dan membuka informasi agar masyarakat ikut memberikan terobosan pariwisata di Bangkalan.

“Kami atas nama pemuda sangat menyayangkan hal itu. Saya yakin masyarakat Bangkalan tidak tahu apa itu TIC, apa lagi pemudanya,” imbuh Nur.

Nur menambahkan, gedung itu didirikan dengan menggunakan dana APBD hanya saja manfaatnnya belum bisa dirasakan. Apalagi informasi yang ada terkait pariwisata Bangkalan.

“Untuk itu saya sarankan agar ada evaluasi dari dinas terkait mengenai manfaat kantor TIC. Ini agar ke depan, gedung itu dalam lebih berperan memajukan pariwisata Bangkalan,” ujarnya.

Sebagai daerah yang berlokasi di ujung barat Pulau Madura dan berdampingan dengan Surabaya, Bangkalan diketahui memiliki berbagai potensi wisata yang layak dikunjungi.

Kabupaten dengan 18 kecamatan ini mempunyai wisata alam berupa pantai dan gua. Juga wisata budaya dan sejarah yang menarik. Selain itu di Bangkalan juga terdapat beberapa wisata minat khusus seperti batik dan agrowisata. (km26/h4d)

Related Search