KM/ILUSTRASI KERING: Seorang warga sedang melintas di lahan persawahan yang mengering. Tujuh desa yang ada di seputaran Kecamatan Sepuluh mulai mengalami kekeringan.

Tujuh Desa di Sepuluh Mulai Kesulitan Air

244 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN) KOTA-Sebanyak tujuh desa di Kecamatan Sepuluh, Bangkalan dilanda kekeringan memasuki musim penghujan. Tujuh desa ini meliputi Gunilap, Bangsereh, Saplasah, Kelbung, Lembung Pesisir, Gangsian dan Klapayan.

Warga setempat dibuat kelimpungan karena mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mulai memasak, minum, mencuci hingga mandi.

“Untuk bisa mendapatkan air di sumur yang masih belum kering, kita harus bisa membaca situasi. Jangan pagi dan sore karena antrian warga yang hendak mengambil air cukup banyak,” terang salah seorang warga Desa Gunilap Matruki, Senin (29/6).

Menurut Matruki, kondisi tersebut praktis membuat warga tidak merasa nyaman. Sebab, air yang menjadi kebutuhan utama sudah menjadi langka.

Warga menginginkan peran pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kekeringan setiap tahun. “Kalau saya biasa mengambil air di tempat yang masih ada. Jaraknya jauh mencapai 2 kilo meter. Kami berharap segera ada bantuan dari pemerintah,” katanya.

Terpisah, Camat Sepuluh Hadori menerangkan, desa-desa tersebut selalu menjadi langganan kekeringan ketika musim kemarau tiba. Sebab, belum ditemukan mata air sehingga menjadi kendala bagi warga.

“Kondisi itu akan kami laporkan kepada bapak Bupati supaya mendapat bantuan air bersih seperti musim kemarau sebelumnya,” pungkasnya.(mad/zis)

Related Search