ilustrasi

Tujuh Polisi Pegang Senpi Izin Kadaluarasa

1364 views

KOTA-Sebanyak 5 anggota Satuan Resort Kriminal (Satreskrim) dan 2 anggota Satuan Resort Narkoba (Satres Narkoba) Polres Pamekasan ternyata selama 6 bulan terakhir memegang senjata api (senpi) yang sudah kadaluarsa izinnya. Akhirnya, 7 senpi tersebut disita oleh unit Provost Polres Pamekasan.

Kasubag Humas Polres Pamekasan AKP Maryatun mengatakan, penemuan 7 senpi kadaluarsa itu diketahui saat dilakukan pemeriksaan senpi kepada semua anggota Polres Pamekasan. Selain ditemukan izin kadaluarsa, sejumlah senpi juga ditemukan sangat kotor lantaran tidak terawat dengan baik

“Setelah diperiksa sama provost tadi (kemarin, red), ada 7 senpi yang habis masa izinnya. Jadi kami sita dulu,” katanya.

Berdasarkan pernyataan Maryatun, sebenarnya pemeriksaan rutin dilakukan setiap 3 bulan kepada semua anggota Polres Pamekasan yang memegang senpi. Namun yang ditemukan adalah senpi yang sudah kadaluarsa izinnya sejak 6 bulan lalu. Tujuh senpi itu adalah pistol jenis revolver yang lumrah digunakan anggota polri.

Untuk mendapatkan kembali senpi tersebut, ketujuh anggota itu harus kembali mengurus izinnya. Sebab, dengan penyitaan itu, sama halnya dengan pencabutan izin. Dalam pengurusan izin nanti, juga harus melalui beberapa syarat administrasi dan harus lulus uji psikologi. Setidaknya, proses pengurusannya membutuhkan beberapa bulan ke depan.

“Kalau mau mendapatkan sepinya lagi, ya harus menyelesaikan perizinannya lagi, dan harus lulus tes psikologi,” imbuhnya.

Maryatun memastikan, selama ini belum ditemukan dugaan penyalahgunaan senpi oleh anggota Polres Pamekasan. Ditegaskan bahwa, pemeriksaan senpi yang dilakukan kemarin hanyalah pemeriksaan rutin untuk memeriksa kondisinya dan untuk mengetahui masa perizinannya.

“Tidak ada penyalahgunaan senpi. Penyitaan itu hanya karena perizinannya yang harus diperbaharui. Dan memang sedang pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi senpi yang dipegang anggota,” tandasnya. (waw/anm)

 

Related Search