Unas Hari Terakhir Kacau

1436 views

KORANKABAR (PROBOLINGGO)-Pelaksanaan hari terakhir Ujian Nasional (Unas) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Probolinggo berlangsung kacau.

Beberapa sekolah menerima naskah soal melalui compact disc (CD) yang tidak sesuai dengan lembar jawaban. Total sekira 15 pertanyaan untuk bidang studi Bahasa Inggris tidak sesuai antara pertanyaan dengan jawaban.

Salah satu sekolah yang mengalami hal tersebut yakni SMA Negeri 1 Kota Probolinggo. Ketika siswa mengerjakan soal ujian, pertanyaan yang diputar melalui CD dengan bantuan pengeras suara tidak sesuai dengan lembar jawaban.

Ketidaksesuaian materi pertanyaan tersebut sudah terjadi sejak pertanyaan nomer 1-15. Hal tersebut langsung direspon oleh siswa dan guru pengawas dengan menghentikan proses ujian untuk sementara.

“Kami akan langsung membuat berita acara dan laporan ke dinas jika terjadi kesalahan soal dalam CD ini. Kami juga bertanggung jawab untuk menghentikan ujian Bahasa Inggris,” ucap Kepala SMA Negeri 1 Kota Probolinggo Suradji Chabir kepada wartawan.

Rupanya ketidaksesuaian antara soal dengan lembar jawaban pada bidang studi Bahasa Inggris tersebut juga terjadi di SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Wakil Kepala SMA Negeri 1 Kraksaan Tasron mengaku pihaknya segera membuat laporan resmi kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Probolinggo  untuk diteruskan kepada Disdik Jawa Timur.

Sementara Kepala Disdik Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo membenarkan jika terjadi ketidaksesuaian naskah soal dengan lembar jawaban untuk bidang studi Bahasa Inggris.

“Terpaksa ujian kita hentikan sejenak dan setelah mengetahui persoalanya, kami lanjutkan soal berikutnya. Semua kesalahan tersebut kita buatkan berita acara untuk seterusnya kita laporkan ke Provinsi,” kata Tutug kepada wartawan. (mem)

Related Search