Upaya Memacu Program Swasembada Pangan

213 views

KORANKABAR.COM (SAMPANG)-Setelah sebelumnya mendapat bantuan alat pertanian berupa handtractor,Dinas pertanian (Dispetan) Kabupaten Sampang kembali digerojok bantuan alat pertanian oleh Pemerintah Pusat.

Kali ini wujud bantuan yang diterima oleh Dispertan Sampang adalah 18 unit mesin panen padi atau biasa disebut Combine Harvester.

Informasinya, belasan Combine Harvester yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat itu tiba di kantor Dispertan pada Selasa (30/6) sore.

Plt Kepala Dispertan Syamsul Hidayat yang dikonfirmasi melalui Kabid tanaman pangan Abd Adhim menyatakan, jika tidak ada rintangan, 18 unit Combine Harvester itu akan diserahkan hari ini kepada sejumlah kelompok tani (poktan) yang tersebar di wilayah Sampang.

Penyerahan bantuan tersebut relatif lebih cepat jika dibanding dengan realisasi bantuan handtractor beberapa waktu lalu.

“Jika tidak ada perubahan,bantuan itu akan langsung kita serahkan, karena sebelumnya kita telah melakukan proses verifikasi lebih awal terhadap poktan penerima,” ungkapnya kepada Kabar Madura, Rabu (1/7).

Dikatakan Abd Adhim, dalam pelaksanaanya bantuan tersebut akan diprioritaskan terhadap kecamatan yang memiliki produktivitas panen padi tinggi, seperti Kecamatan Kota, Jrengik, Torjun, Banyuates dan Camplong. Sementara untuk daerah lainya diploting pada program-program berikutnya.

“Bantuan itu dkhususkan untuk kecamatan yang produktivitas padinya tinggi. Tapi untuk kecamatan lainya juga akan kita pikirkan,” sambungnya.

Adhim menambahkan, bantaun ini adalah salah satu upaya Pemerintah Pusat dalam memacu program swasembada pangan.

Ditanya soal sumber anggaran bantuan, Adhim menegaskan dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015, sehingga pihaknya tidak bisa memastikan total keuangan bantuan tersebut.

Kita (Dispertan,red) terima bantuan itu dari pusat langsung berupa barang yang sudah dirakit, karena sumber anggaranya adalah APBNP,” pungkasnya. (sam/h4d)

Related Search