BUTUH PENGEMBANGAN: Wisata air terjun toroan di Sampang yang menawarkan keindahan panorama alam sekitar yang masih asri.KM/Dok

Wisata Desa untuk Dongkrak PAD Pengembangan Potensi akan Ciptakan Multiefek

 

korankabar,com(SURABAYA)–Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

Dengan demikian, Komisi B DPRD Jatim meminta kepada pemerintah untuk menggalakkan dan menghidupkan potensi pengembangan desa wisata yang ada di Jatim.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Suharti mengatakan, pengembangan dan menggalakkan kembali potensi desa saat ini sangat perlu dilakukan, karena akan mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Apabila potensi desa ini digalakkan multiefeknya akan membuat desa tersebut menjadi berkembang dan juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar,” kata dia di DPRD Jatim, Rabu (16/11).

Dia menjelaskan, pihaknya meminta kepada Dinas Pariwisata (Dispar) baik tingkat provinsi dan kabupaten atau Kota di Jatim dapat melakukan pembinaan dan memperhatikan potensi wisata desa, baik melalui pembinaan maupun memberikan pelatihan kepada masyarakat di sekitar desa yang memiliki potensi.

“Untuk masalah anggaran pengembangan wisata desa ini bisa dilakukan oleh pihak desa itu sendiri dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) atau melakukan kerjasama sharing dengan pemerintah daerah tersebut,” ujar dia.

Dia menuturkan, ada beberapa daerah Jatim cukup memiliki wisata alam yang belum mendapat penanganan secara maksimal dari pemerintah, utamanya daerah terpencil. Dimana dalam penataan wisata yang perlu dilakukan yaitu mulai akses jalan harus diperbaiki.

“Begitu juga masalah sosialiasi masalah wisata pihak pemprov bersama pemkab harus melakukan kerjasama untuk memajukan pariwisata di daerah tersebut. Apalagi Presiden sudah sejak lama meminta sektor pariwisata didorong untuk meningkatkan pendapatan,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Jatim Chusainuddin mengatakan setuju dengan menghidupkan dan menggalakkan kembali potensi wisata desa di Jatim, sehingga ekonomi masyarakat didesa wisata tersebut bisa berkembang.

“Wisata desa ini perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah baik pusat, daerah, hingga kabupaten/kota ini agar kehidupan ekonomi di desa menjadi meningkat serta menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan masyarakat di desa tidak perlu jauh datang ke kota untuk mencari pekerjaan lagi,” ujar politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Dia menambahkan, ada beberapa potensi wisata di daerah pemilihannya  yang layak menjadi wisata desa salah satunya di Dusun Ngelon dan Dusun Jengglungharjo Kecamatan Tanggugunung Kabupaten Tulungagung yang memiliki obyek wisata pantai yang bagus.

“Apabila pemerintah setempat mau bekerjasama maka potensi wisata desa pantai tersebut bisa berkembang dan ekonomi masyarakat bisa terangkat,” tandasnya.(dit/h4d)

Related Search