Sunday, July 14th, 2024

Masalah Keamanan Aplikasi ChatGPT di macOS: Segera Perbarui

Pengguna Mac yang telah menginstal aplikasi ChatGPT menghadapi risiko keamanan besar karena platform ini tidak mengamankan percakapan Anda dengan chatbot AI dan meninggalkannya dalam teks biasa.

OpenAI mungkin tidak menyadari kekurangan besar ini, yang dapat membuat jutaan pengguna rentan terhadap serangan berbahaya jika mereka mendapatkan akses ke perangkat Mac Anda dan dapat membaca semua percakapan serta data lainnya yang disimpan di aplikasi ChatGPT.

MASALAH KEAMANAN APLIKASI CHATGPT MACOS: HARUSKAH ANDA KHAWATIR?

Masalah ini dilaporkan oleh seorang pengguna bernama Pedro José Pereira Vieito di Threads awal pekan ini. Pedro memperhatikan bahwa masalah keamanan ini memungkinkan aplikasi lain di macOS untuk membaca percakapan ini, yang seharusnya menjadi alarm bagi OpenAI.

Perusahaan telah diberitahu tentang masalah ini yang memiliki risiko besar bagi jutaan pengguna Mac, namun beruntung OpenAI telah berhasil mengenkripsi aplikasi ChatGPT sekarang sehingga semua data Anda yang disimpan di platform tersebut aman. Jadi, jika Anda menggunakan versi pertama aplikasi ChatGPT di macOS, kami sarankan Anda segera memperbarui ke versi terbaru.

MENGHADAPI PERTANYAAN SULIT

Namun pertanyaan yang lebih besar adalah bagaimana ChatGPT tidak mengamankan data tersebut dan bagaimana Apple memungkinkan aplikasi ini ditawarkan kepada penggunanya. Laporan dan pemberi informasi mengklaim bahwa OpenAI mungkin telah melewati kebijakan ketat App Store Apple dengan meminta orang untuk mengunduh aplikasi ChatGPT di macOS melalui situs webnya yang sekarang mungkin di beberapa wilayah tertentu.

Namun demikian, OpenAI harus berhati-hati tentang bagaimana aplikasi-aplikasi ini diluncurkan ke publik karena masalah seperti ini dapat dieksploitasi dan perusahaan harus melakukan pengecekan sendiri untuk menghindari kesalahan semacam itu. Dengan demikian, OpenAI masih dapat membaca percakapan Anda untuk keamanan dan melatih model AI-nya selama Anda telah memberikan izin kepada perusahaan untuk melakukannya.

Apple dan OpenAI telah menyetujui kesepakatan zero-sum yang dilaporkan membawa ChatGPT ke iOS 18 dan versi macOS Sequoia akhir tahun ini. Aplikasi ini sudah tersedia di macOS melalui situs webnya.