Sunday, July 14th, 2024

Kesepakatan OpenAI dengan Apple Memicu Kekhawatiran di Microsoft, Berpotensi Mengubah Dinamika Pasar AI

Microsoft Corp (NASDAQ: MSFT) khawatir tentang beberapa kesepakatan bisnis OpenAI, khususnya potensi kesepakatan antara OpenAI dan Apple Inc (NASDAQ: AAPL).

Satya Nadella baru-baru ini bertemu dengan CEO OpenAI Sam Altman untuk membahas kesepakatan yang melibatkan integrasi layanan OpenAI ke dalam produk Apple.

Kekhawatiran Nadella berasal dari potensi dampak terhadap ambisi produk Microsoft, menurut laporan Business Insider.

Kesepakatan Apple dengan OpenAI akan memperkuat kendali Altman atas perusahaan setelah pemecatan singkatnya pada musim gugur lalu.

Altman, yang telah menyingkirkan saingan dari dewan, bertujuan menggantikan Google Alphabet Inc (NASDAQ: GOOG) (NASDAQ: GOOGL) sebagai mitra pencarian Apple untuk Safari dan membangun pabrik chip AI.

Namun, Microsoft, sebagai investor signifikan di OpenAI, khawatir tentang dampak kesepakatan Apple terhadap ambisi AI-nya sendiri, menurut New York Post.

Apple mempertimbangkan Google dan OpenAI untuk kesepakatan multi-miliar dolar ini.

Jika dikonfirmasi, kesepakatan ini akan menjadi kemenangan besar bagi Altman, yang telah menghadapi pengawasan dari mantan karyawan dan anggota dewan.

Ketegangan dalam OpenAI dilaporkan telah terjadi sejak pemecatan singkat Altman pada bulan November. Seorang orang dalam mengungkapkan kepada The Financial Times bahwa Microsoft menekan OpenAI untuk memprioritaskan produk komersial, memperburuk ketegangan yang ada antara eksekutif.

Terlepas dari tantangan ini, valuasi OpenAI telah meroket menjadi $90 miliar sejak peluncuran ChatGPT.

Altman mempertimbangkan untuk mengubah OpenAI menjadi korporasi berorientasi laba untuk menarik modal signifikan dan memperluas infrastruktur AI-nya.

Pendapatan tahunan OpenAI melampaui angka $2 miliar. Induk perusahaan ChatGPT menargetkan menggandakan pendapatan pada tahun 2025.

Saham Microsoft naik lebih dari 26% dalam 12 bulan terakhir. Saham Apple naik 8%.

Aksi Harga: Saham MSFT diperdagangkan lebih tinggi sebesar 0,06% pada $414,93 di pra-pasar pada pemeriksaan terakhir hari Jumat. AAPL turun 0,14% pada $191,03.